Pembentukan Sentra Gakkumdu, Bawaslu Boltim Koordinasi Dengan Polres Boltim

Boltim – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) lakukan kunjungan ke kantor Kepolisian Resor (Polres) Boltim, untuk koordinasi persiapan Pembentukan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Boltim dalam menghadapi Pemilihan Umum 2024, Rabu 3 Agustus 2022.

Kunjungan yang dilakukan oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Boltim Harmoko Mando S,Hut, Hariyanto S.E M.E, Ikal Salehe S.Kep, dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Boltim Muhdi Pasma SE, Ke kantor Polres Boltim diterima langsung oleh Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara, SIK, di ruang Kerjanya.

Ketua Bawaslu Boltim Harmoko Mando S,Hut Menyampaikan, kunjungan tersebut dalam rangka membahas persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dan menyamakan pemahaman terhadap Pembentukan Gakkumdu, “Gakkumdu memiliki peran penting dalam menangani jika terjadi pelanggaran tindak pidana Pemilu, Gakkumdu bermaksud untuk penyamaan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana Pemilu oleh Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan.” Ungkap Harmoko.

Koordinator Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Hariyanto, SE. ME mengatakan, Bawaslu melakukan koordinasi ke Kepolisian dan Kejaksaan sebagai langkah tindak lanjut atas Surat Bawaslu RI nomor 247/PP.00.00/K1/2022 tanggal 14 Juli 2022 perihal persiapan pembentukan anggota sentra Gakkumdu Povinsi/Kabupaten/Kota dan dalam rangka persiapan penanganan tindak pidana Pemilu 2024.

“Bawaslu Melakukan Koordinasi dengan Kepolisian sebagai persiapan pembentukan Gakkumdu dan juga berkaitan dengan Permohonan personil Kepolisian, dengan tahapan yang sudah dimulai bawaslu berharap secepat nya Kejaksaan dan Kepolisian memberikan Sprint dan kami buat SK dan dikirim ke Bawaslu RI, dan jika terjadi potensi pelanggaran tindak pidana Pemilu Sentra Gakkumdu sudah terbentuk,” kata Hariyanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.